Manajemen strategi dan kebijakan bisnis

Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direksi dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut.

Manajemen strategi dan kebijakan bisnis

Manajemen strategi dan kebijakan bisnis

Sungguh menarik pembahasan ini, karena UKM lebih sering dimarjinalkan posisinya, dipandang sebelah mata, dikonotasikan sebagai beban. Bahkan, wacana pembiayaan bagi UKM selama ini lebih sering dilihat dari sisi sosial subsidi daripada sisi bisnisnya komersial.

Tidak heran jika sektor pembiayaan menjadi kesulitan utama yang dialami UKM. Padahal fakta berbicara lain. Usaha mikro ini lebih responsif terhadap perubahan pasar, lebih rentan terhadap gejolak ekonomi dan sangat efisien dalam penggunaan modal.

Ketahanan usaha mikro terhadap gejolak ekonomi telah terbukti ketika terjadi krisis tahun Selama krisis tersebut terjadi, sementara usaha-usaha besar praktis lumpuh, usaha-usaha mikro tetap survive.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini makin banyak yang sadar dan meminati kewirausahaan. Statistik ini memperlihatkan peluang bagi tumbuh suburnya pembiayaan usaha mikro microfinance.

Manajemen strategi dan kebijakan bisnis

Tidak heran jika belakangan ini microfinance menjadi topik penting dan banyak dibicarakan. Fenomena ini sebetulnya tidak hanya terjadi di tingkat nasional. Selama ini ada anggapan bahwa memberikan kredit kepada usaha mikro beresiko tinggi dengan potensi kredit macetnya Non Performing Loan-NPL yang tinggi.

Manajemen strategis - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apalagi jika dikaitkan dengan jaminan collateral. Karena setiap debitur nilai kreditnya kecil, diversifikasi portfolio sangat menyebar.

Disertai selektifitas dan upaya pemantauan yang baik, resikonya pun dapat ditekan. Hal ini dikarenakan UKM sadar posisinya yang sulit dalam mengakses bank konvensional bahkan dalam beberapa kasus cenderung unbankable, tidak layak kredit. Selain itu mereka juga sadar pula bahwa alternatif lain tinggal rentenir dengan bunga yang mencekik leher.

Dengan demikian yang terjadi, paling banter UKM tidak membayar tepat waktu, tetapi bukankah keterlambatan ini tercover oleh bunga ekstra yang dibebankan padanya? Apalagi seringkali mereka berkepentingan untuk meminjam kembali di kemudian hari yang mengharuskan menutup lubang untuk dapat menggali lubang berikutnya.

Peminjaman yang secara nominal tidak besar dan siklis berkelanjutan ini menjadi karakteristik tersendiri dari microfinance. Dengan demikian, penyediaan jasa keuangan mikro baik berupa simpanan maupun pemberian kredit akan menggerakkan roda perekonomian dan mengangkat derajat ekonomi, tumbuh bersama secara mutualistis.

Manajemen Strategi: Strategi Bisnis

Hal ini sudah ditunjukkan misalnya oleh Bangladesh yang berhasil mengentaskan kemiskinan sedikit demi sedikit melalui an institusi microfinance-nya. Mereka beranggapan bahwa yang menyebabkan kemiskinan bukanlah kurangnya skill tetapi institusi dan kebijakan yang melingkupi mereka.

Mereka diibaratkan sebagai bonsai. Jika benih dari pohon raksasa ditanam di dalam pot, maka pohon yang tumbuh di pot tersebut adalah pohon raksasa dalam bentuk liliput bonsai.

Tidak ada yang salah dengan benihnya, tetapi ketidaksesuaian lingkungannya yang tidak memungkinkannya untuk tumbuh. Atas dasar premis ini mereka percaya bahwa charity bukanlah jawaban karena hanya akan menimbulkan ketergantungan dan menghilangkan inisiatif.

Yang mereka lakukan adalah menyediakan metodologi dan institusi bagi kebutuhan finansial mereka dengan skema kredit yang memungkinkan peminjam produktif dalam tiap siklus pinjamannya.

Sebuah kajian World Bank yang dilakukan oleh Shahid Khondkar menunjukkan bahwa program microcredit di Bangladesh telah membawa dampak positif tidak hanya bagi pesertanya saja, tetapi secara agregat terhadap kesejahteraan masyarakat yang lebih luas. Di Indonesia sendiri microfinance juga menunjukkan perkembangan yang berarti, bahkan cukup berkontribusi bagi perkembangan mikrofinance di tingkat global.

Unit kerja ini menjadi media bagi pengembangan microfinance melalui berbagai kegiatan seperti training, seminar, workshop, studi banding, dan memfasilitasi riset bagi mahasiswa di seluruh dunia.

Melihat perkembangan yang cukup menggembirakan ini, menarik untuk dikaji, faktor-faktor kunci apakah yang menentukan sukses tidaknya microfinance.PROGRAM MANAJEMEN BISNIS STIEB PERDANA MANDIRI PURWAKARTA TAHUN dan evaluasi strategi.

B. Peran Manajemen Strategik Untuk meraih segala cita-cita atau tujuan yang diinginkan oleh suatu untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. STRATEGI: FORMULASI, IMPLEMENTASI DAN MONITORINGStudi tentang strategi perusahaan dalam kuliah bisnis lanjutan telah berjalan selama beberapa.

Buku ini hadir sebagai Buku Monograf untuk memberi pemahaman tentang Manajemen Strategi Human Capital dalam pendidikan. Pembahasan yang singkat, padat, jelas, dan disertai berbagai ilustrasi. Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis 1. Pengertian Strategi Menurut William Hence () mendifinisikan strategi sebagai “konsentrasi dari sumber-sumber pada peluang-peluang bagi keunggulan kompetitif”.

maka, Full transcript. More presentations by ari widodo. JURNAL TENTANG MANAJEMEN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT Manajemen Produktivitas Total, Strategi Peningkatan Produktivitas Bisnis ph-vs.coma: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, Vincent.

Downloading prezi...

Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan ph-vs.comarta: Unit Penerbit dan Percetakan. Manajemen strategik khususnya pada strategi kebijakan dapat dilakukan jika keputusan merupakan keputusan brsama.

h.7 Strategi adalah sebuah rencana yang komprehensif mengintegrasikan segala resources dan capabilities yang mempunyai tujuan jangka panjang untuk 4 John A. dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistem Otonomi Sekolah. dapat.

Manajemen Strategi